Berita

    Mudah! Ini Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Efektif

    Memiliki mobil berarti juga harus siap bertanggung jawab untuk menjaga kebersihannya. Tidak hanya eksterior, namun bagian interior juga wajib diperhatikan.

    Kebersihan kendaraan pribadi khususnya bagian interior menjadi salah satu faktor kenyamanan dalam berkendara. Jika kendaraan pribadi kita nyaman, tentu akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi lancar dan lebih menyenangkan. Dan salah satu bagian interior yang wajib dan sering luput dari perhatian adalah bagian plafon.

    Masih banyak dari kita yang tidak memperhatikan keadaan langit-langit kabin mobil, sehingga membuat kotoran jadi mudah menempel ke bagian plafon. Tanpa disadari, ketika Anda membuka kaca mobil, secara otomatis plafon akan terkena debu dari luar kaca dan akhirnya meninggalkan debu ataupun kotoran. Kelalaian kecil seperti ini tentu akan berdampak buruk pada keadaan plafon mobil Anda yang terbuat dari bahan sensitif seperti fabrik berserat.

    Lalu, bagaimana cara membersihkan bagian plafon mobil yang benar dan efektif? Perhatikan tips berikut:

            1. Gunakan Lap Microfiber

    Lap satu ini memiliki kemampuan untuk mengangkat debu serta kotoran yang mungkin banyak menempel di plafon mobil Anda. Namun, pastikan Anda menjaga lap microfiber tetap kering saat digunakan. Jangan lupa bersihkan berkali-kali dengan gerakan yang searah dengan arah kain ya! 

            2. Cairan Pembersih Air dan Cuka 

    Jika Anda mencari cairan pembersih alternatif, maka Anda bisa gunakan air dan cuka, dengan perbandingan 3:1 (3 untuk air dan 1 untuk cuka). Biasanya, cairan ini bisa digunakan untuk menghilangkan minyak yang mungkin menempel ke plafon. Cairan ini dinilai cukup efektif untuk membersihkan plafon dan tidak akan merusak lem yang merekatkan kain ke plafon mobil. 

            3. Bersihkan Lebih Dari Satu Kali

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda harus membersihkan beberapa kali. Lakukan dua kali dalam satu kesempatan dan ulangi cara yang sama pada lain waktu. Pastikan Anda menunggu sampai plafon kering ya!

    Nah, itulah beberapa cara untuk membersihkan plafon mobil secara efektif. Anda bisa memilih cara yang paling tepat sesuai dengan referensi Anda masing-masing. Jangan biarkan plafon kendaraan kesayangan Anda kotor maupun berbau, karena akan mengganggu kenyamanan berkendara.