Berita

    Pentingnya Mengetahui Penyebab Alarm Mobil Tidak Berbunyi

    Salah satu aksesoris mobil yang memiliki fungsi penting adalah alarm. Meski demikian, di beberapa waktu alarm mobil tidak bunyi. Padahal Anda sudah menekan tombol alarm. Hal ini tentu saja membuat was-was. 

    Sebab, khawatir jika ternyata mobil tidak terkunci saat alarm tidak menyalakan bunyi. Anda harus memastikan kembali jika mobil telah terkunci dengan baik saat ditinggalkan.

    Ini Alasan Alarm Mobil Tidak Bunyi saat Dikunci

    Ada beberapa faktor penyebab alarm mobil mengalami masalah. Mulai dari masalah mengenai baterai hingga faktor lain yang cukup penting. Berikut ini ulasannya!

    • Baterai Kunci Remote Habis

    Jika baterai pada kunci remote mobil Anda sudah habis atau lemah, maka sinyal untuk mengaktifkan alarm mungkin tidak terkirim dengan baik. Maka dari itu, kunci remote tidak akan bekerja dengan baik.

    Untuk mengatasinya, Anda harus segera melakukan penggantian baterai yang baru. Cara sementara, Anda bisa mengunci mobil dengan cara konvensional. Supaya mobil Anda tetap aman meski ditinggalkan.

    Sebagai catatan, jangan lupa untuk mengganti baterai mobil sesuai dengan speknya. Sebaiknya pilihlah sparepart pembelian terpercaya. Sebab ada beberapa kasus baterai yang tidak berfungsi dengan baik karena tidak cocok dengan alarm mobil Anda.

    • Sistem Alarm Rusak

    Penyebab alarm mobil tidak bunyi berikutnya adalah sistem alarm mengalami kerusakan. Misalnya saja kabel yang putus dan menyebabkan koneksi juga terputus. Tak hanya itu, bisa juga ada masalah pada sensor, buzzer, sirkuit kontrol dan hal lainnya. 

    Termasuk masalah kelistrikan yang bisa saja mengalami korsleting. Apabila terjadi kerusakan semacam ini, maka perlu ada penggantian komponen penyebab kerusakan.

    Anda bisa membawa ke mekanik untuk memastikan mengenai hal ini. Sebab tidak semua permasalahan terkait alarm, bisa ditangani sendiri. Supaya mekanik melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap komponen tersebut. 

    Pexels
    • Pengaturan Alarm Tidak Tepat

    Penyebab berikutnya alarm mobil tidak bunyi adalah adanya pengaturan yang tidak tepat. Bisa saja Anda mengaturnya dengan “Valet Mode” atau mode senyap. Biasanya mode ini digunakan oleh petugas valet saat mengatur mobil.