Berita

    Featured Image

    Alasan Kenapa Mobil Tetap Apek Padahal Sudah Dibersihkan

    Mobil bau apek termasuk masalah yang akan Anda hadapi selama memiliki mobil. Meskipun sudah dibersihkan, bau mobil bisa saja tetap apek karena faktor tertentu. Oleh sebab itu, artikel ini membahas berbagai alasan yang menyebabkan bau apek pada mobil untuk Anda pahami.

    Antifreeze yang rusak adalah salah satu dari sekian alasan bau mobil tetap apek meskipun sudah Anda bersihkan. Lali apa alasan lainnya? Lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut untuk mengetahuinya!

    6 Alasan Mobil Bau Apek Padahal Sudah Dibersihkan

    Terdapat berbagai alasan mengapa mobil masih bau apek meskipun telah dibersihkan. Ini bisa mengindikasikan kerusakan pada komponen mobil Anda. Perhatikan berbagai poin berikut ini untuk mengetahuinya:

    • Antifreeze Mobil Rusak

    Selain bau apek, gejala kerusakan antifreeze yang perlu Anda sadari adalah muncul bau sirup yang manis. Bila antifreeze mengalami kebocoran, maka segera ganti karena zat ini berisiko. Anda bisa mengalami gangguan pernafasan hingga iritasi mata karenanya.

    • Komponen Listrik Korsleting

    Sistem kelistrikan mobil yang korsleting pun dapat menjadi alasan bau apek pada mobil. Anda akan mencium bau seperti roti gosong ketika hal ini terjadi. Sebaiknya, hubungi mekanik profesional agar masalah ini segera ditangani.

    • Evaporator Bermasalah

    Evaporator pendingin mobil dapat terserang jamur dan menyebabkan kebocoran air. Ketika bocor, maka air dari pendingin bisa menetes ke karpet mobil. Karpet basah tersebut menjadi sumber bau apek pada mobil yang perlu Anda atasi.

    • Kabin Kurang Bersih

    Sisa-sisa makanan maupun sampah lain yang tercecer di kabin mobil akan menimbulkan bau kurang sedap. Risikonya karpet mobil bisa berjamur karena hal ini.

    Bila timbul jamur, maka mobil bau apek pun tidak terhindarkan. Jadi, jangan sepelekan kebersihan kabin mobil.

    • Kerusakan Catalytic Converter 

    Catalytic converter berperan menyaring sulfur pada knalpot mobil. Jika komponen tersebut rusak, maka sulfur tidak tersaring dengan optimal. Baunya pun bisa masuk hingga kabin. 

    Kerusakan catalytic converter sendiri terjadi karena overheat. Anda harus segera ke bengkel untuk perbaikan.

    • Oli Bocor  

    Bau apek pun dapat timbul karena kebocoran oli. Masalah ini akan menimbulkan masalah lain pada rotor hingga sistem pembuangan. Segera atasi jika tidak ingin keselamatan Anda dan penumpang ketika berkendara terancam.

    5 Cara Mengatasi Mobil Bau Apek yang Efektif

    Cara Mengatasi Mobil Bau Apek yang EfektifFreepik.com

    Untuk mengatasi bau apek, Anda bisa mencoba berbagai cara efektif seperti yang dijelaskan pada poin-poin berikut:

    • Gunakan Vacuum Cleaner

    Sisa makanan hingga puntung rokok yang berceceran di karpet mobil bisa disedot dengan vacuum cleaner. Ini mengingat kotoran tersebut dapat membuat area kabin berbau kurang sedap. Membersihkannya dengan vacuum cleaner akan membantu bau apek hilang.

    • Menjemur Karpet di Bawah Matahari

    Membuat bau apek mobil menghilang dan menguap dapat melalui penjemuran karpet di bawah matahari langsung.  Ini dapat Anda lakukan secara rutin untuk mencegah bau apek muncul kembali.

    • Perbaikan Komponen yang Rusak

    Mengatasi bau apek hingga ke akarnya bisa dengan memperbaiki komponen yang rusak. Selain menghilangkan bau apek, Anda pun lebih terlindungi dari risiko yang mengancam keselamatan berkendara.

    • Memanfaatkan Bubuk Kopi

    Bubuk kopi mampu menetralisir bau. Itulah mengapa, Anda bisa memasang parfum kopi atau menaburkannya pada area kabin yang bau apek. Lalu, tunggu beberapa saat dan lihat efektivitasnya dalam menyerap bau apek. 

    • Cuci dengan Sabun Khusus

    Saat terdapat tumpahan cairan berbau pada mobil, Anda perlu mencuci area tersebut dengan sabun khusus. Kemudian, keringkan menggunakan kanebo serta pengering rambut sampai kering sempurna.