Berita

    5 Cara Melepas Kopling Mobil dengan Tepat Agar Mesin Tidak Mati

    Masalah ketika belajar mobil manual paling sering adalah soal melepas kopling mobil yang tepat. Rasanya, bagi pengemudi pemula menyeimbangkan kopling agak sulit, karena pasti mobil mati terus-menerus.

    Maka dari itu, agar lebih jelas tentang cara melepas kopling pada mobil agar tidak membuat mesin mati, simak artikel di bawah ini. Alasannya sederhana, jika Anda tidak tepat melepas kopling maka mesin mobil mati dan akan mengganggu pengendara lainnya.

    Cara Melepas Kopling Mobil dengan Tepat

    Anda yang sedang mengendarai mobil manual, wajib memiliki perhitungan yang tepat soal melepas kopling. Adanya keseimbangan dalam pergantian gigi dan melepas kopling sangat berpengaruh terhadap kelancaran Anda dalam berkendara.

    Jika keseringan melepas kopling dan mesin mati, berarti ada yang bermasalah dari cara Anda mengemudi. Untuk tips cara melepas kopling agar tidak mudah mati dan mengganggu kendaraan lain, Anda dapat menyimak 5 caranya di bawah ini:

            1. Melepas Kopling Sekaligus Injak Gas

    Cara pertama yang wajib Anda lakukan adalah melepas kopling sekaligus injak gas. Perhatikan tekanan kaki Anda pada kopling dan sebaiknya tidak mengangkat tekanan secara tiba-tiba, karena itu yang akan membuat mesin mobil Anda mati ketika dilepas kopling.

    Anda dapat pelan-pelan mengangkat kaki Anda dari kopling sambil kaki sebelah kanan Anda menginjak pedal gas dengan stabil. Jika dirasa kecepatan mobil sudah naik, Anda dapat melepaskan kopling seluruhnya.

            2. Memindahkan Gigi Secara Cepat

    Memindahkan gigi secara tepat dan cepat juga dapat Anda lakukan, agar melepas kopling tidak membuat mesin mobil Anda mati. Caranya, Anda menginjak pedal gas secara naik perlahan dan tekan kopling secara penuh.

    Setelah memindahkan gigi, Anda dapat mengangkat kaki perlahan-lahan sekaligus menginjak pedal gas dengan stabil. Pastikan Anda tidak terburu-buru dalam mengangkat kaki kiri Anda yang menginjak kopling.

            3. Menyesuaikan Kecepatan Mobil

    Untuk melepas kopling mobil, Anda perlu mengetahui dan menyesuaikan kecepatan mobil Anda. Jika dirasa tarikan mobil sudah berat dan kasar, artinya Anda wajib berganti gigi dan siap untuk menekan kopling dengan kuat dan dalam.

    Jika sudah terjadi perpindahan transmisi gigi dan kecepatan mobil Anda sudah stabil, maka saatnya Anda menarik kaki pelan-pelan. Pastikan jika Anda menyetir mobil dengan kecepatan yang sesuai dan pada batas yang ditentukan.