Berita

    Featured Image

    Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Sadar Merusak Suspensi Mobil

    Sebagai salah satu sistem yang ada di dalam mobil, suspensi mobil berfungsi sebagai penyerap getaran dan guncangan saat mobil dijalankan sehingga berkendara dapat menjadi lebih nyaman.

    Selain kenyamanan, sistem ini juga membantu pengendara agar dapat berkendara dengan lebih aman dalam waktu yang lama.

    Seiring bertambahnya waktu, mobil yang sudah sering dan lama dikendarai, sistem suspensinya akan mengalami penurunan hingga akhirnya rusak.

    Meski begitu, sebenarnya sistem suspensi ini juga bisa mengalami kerusakan akibat dari kebiasaan yang dilakukan oleh pengendara tanpa disadarinya.

    Kebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Suspensi Mobil

    Dari sekian banyak kebiasaan yang dilakukan oleh pengendara, terdapat beberapa yang tanpa disadari dapat merusak suspensi mobil.

    Adapun kebiasaan-kebiasaan tersebut akan dibahas melalui pembahasan berikut ini:

    1. Melajukan Mobil di Jalanan Rusak atau Area Polisi Tidur

    Saat melewati jalan rusak maupun area polisi tidur, suspense harus menahan beban dan goncangan yang sangat kuat dari yang seharusnya.

    Jika hal ini sering terjadi, suspensi akan mengalami kerusakan lebih cepat juga dari yang seharusnya karena performanya turun dengan sangat cepat.

    1. Menyimpan Muatan yang Melebihi Kapasitas

    Performa dan ketahanan suspensi juga dipengaruhi oleh muatan yang masuk ke dalam mobil.

    Apabila muatan yang masuk ke mobil seringkali melebihi kapasitas yang seharusnya, lama-kelamaan suspensi tersebut akan mengeras kemudian melemah dan akhirnya menjadi rusak akibat beban yang berlebihan.

    1. Membiarkan Suspensi Kotor Terus-menerus

    Membiarkan suspensi mobil kotor dalam waktu yang lama atau terus-menerus bisa membuat performa komponen tersebut berkurang bahkan merusaknya.

    Hal ini terjadi karena saat suspensi kotor, gerakannya akan tersendat akibat kotoran tersebut yang kemudian menjadi pemicu kerusakannya.

    1. Jarang Mengaktifkan Rem Parkir

    Mengaktifkan rem parkir merupakan suatu hal yang penting, terutama ketika sedang parkir, berada di lampu merah, maupun saat terhenti akibat jalanan yang terlalu macet.

    Akan tetapi, seringkali banyak pengendara yang abai atau jarang mengaktifkan komponen ini karena mungkin merasa ribet dan lain sebagainya. 

    Akibat dari hal itulah, suspensi pun menjadi lebih cepat aus bahkan rusak akibat penggunaan rem parkir yang tujuannya untuk meratakan tekanan dan mengunci roda dengan baik tidak digunakan.

    Sebab selain karena hentakan, guncangan, dan kotoran; tekanan yang tidak diratakan dan roda yang tidak terkunci dengan baik juga merupakan salah satu alasan suspensi mudah rusak.

    1. Kurangnya Perawatan pada Sistem Pendingin

    Seringkali dianggap sepele, tindakan seperti kurangnya melakukan perawatan pada sistem pendingin mobil bisa membuat suspensi juga mengalami kerusakan.

    Ini dikarenakan sistem pendingin yang jarang dirawat dan dibersihkan bisa membuat mesin-mesin pada mobil mengalami overheating dan akhirnya merusaknya.

    Cara Mencegah Kerusakan Suspensi pada Kendaraan Anda 

    Usai mengetahui berbagai kebiasaan yang ternyata bisa merusak suspensi Anda, maka diperlukan berbagai upaya untuk mencegah kerusakan pada komponen tersebut yang penting untuk diketahui.

    1. Rutin Merawat dan Membersihkan Mobil

    Demi menjaga suspensi tidak mudah rusak, pastikan Anda rutin membersihkan setiap komponen mobil Anda serta melakukan perawatan rutin di bengkel untuk memastikan kinerja kendaraan tersebut tetap dalam keadaan baik.

    1. Kurangi Melewati Jalanan Rusak

    Saat berkendara, pastikan Anda jangan terlalu sering melewati jalanan yang rusak atau bahkan area yang banyak polisi tidurnya.

    Namun jika memang itu tidak dapat dihindari atau dikurangi, Anda wajib berkendara dengan pelan di area tersebut sehingga kekuatan guncangannya pun bisa dikurangi.

    1. Tidak Menaruh Muatan yang Lebih dari Kapasitas

    Karena bisa membuat suspensi mudah rusak sebab tertekan dan mengeras, pastikanlah tidak melakukan itu agar suspensi tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.