Berita

    Ketahui Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus.

    Lampu indikator mobil menyala terus bisa menjadi penanda bahwa ada yang bermasalah pada kendaraan Anda. Lampu indikator memang memiliki fungsi untuk menunjukkan banyak hal atau sebagai penanda bagi pengemudi. Contohnya untuk menunjukkan kondisi oli, bahan bakar, dan lainnya. 

    Tapi lampu ini tidak dibuat untuk menyala secara terus-menerus. Jika Anda menemui kondisi seperti ini pada mobil Anda, jangan diabaikan. Hal tersebut bisa menjadi sinyal pada kondisi komponen yang bermasalah. Mari mengenalinya satu per satu!

    Penyebab dan Arti Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

    Jika Anda mengalami hal seperti ini secara terus menerus, sudah saatnya Anda melakukan pengecekan pada mobil Anda. Karena sudah jelas menunjukkan sesuatu yang tidak beres pada komponen tertentu. Simak selengkapnya di bawah ini!

    • Lampu Indikator Oli

    Lampu indikator untuk oli berwarna terang begitu Anda memutar kontak menjadi β€œon”. Namun setelahnya akan langsung padam. Apabila lampu indikator terus saja menyala, sudah pasti terjadi masalah. 

    Biasanya hal ini menandakan bahwa oli hampir habis, berkurangnya tekanan sirkulasi, switch oli yang bermasalah atau waktunya pergantian oli. 

    • Lampu Indikator Bahan Bakar

    Jika lampu indikator bahan bakar menyala terus, sudah jelas Anda diminta untuk melakukan pengisian bahan bakar. 

    Jika sisa bahan bakar 1/8 saja di tangki, lampu indikator akan langsung menyala. Jika demikian, maka sebaiknya Anda segera lakukan pengisian agar tidak sampai kosong.

    • Lampu Indikator Aki

    Pertanda yang ingin ditunjukkan ketika lampu indikator aki menyala adalah sebuah masalah telah terjadi pada bagian aki mobil. Jangan abaikan, segera lakukan pengecekan.

    • Lampu Indikator Temperatur

    Jika Anda sering memacu mesin mobil Anda dalam keadaan maksimal, tentu saja akan menimbulkan masalah di sistem pendinginan. Bisa juga terjadi overheat pada mesin mobil Anda. Sehingga lampu indikator mobil menyala terus.

    • Lampu Indikator Check Engine

    Fungsi lampu indikator ini adalah memberikan petunjuk pada kondisi mesin mobil Anda. Jika mendapati lampu indikator untuk yang ini menyala, maka Anda sudah patut untuk waspada. 

    Jangan mengabaikannya, sebaiknya Anda langsung melakukan pengecekan di bengkel terdekat.

    • Lampu Indikator Seat Belt