Berita

    Kebiasaan yang Menyebabkan Roda Cepat Rusak

    Roda mobil merupakan komponen krusial dalam kinerja dan keamanan kendaraan. Meskipun dirancang untuk tahan lama, ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan roda mobil rusak dengan cepat. 

    Mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk  pada roda mobil dapat memperpanjang umut pakai roda. Selain itu, Anda juga bisa lebih hemat dalam biaya perawatan, dan menjaga keselamatan berkendara. 

    Roda Mobil Rusak? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini!

    Ada beberapa kebiasaan yang ternyata dapat membuat ban mobil jadi lebih mudah aus. Meskipun kebiasaan ini kadang tidak Anda sadari. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar roda mobil tetap awet:

    • Tekanan Udara yang Tidak Sesuai

    Salah satu penyebab roda mobil rusak adalah tekanan udara yang tidak sesuai. Jika tekanan terlalu rendah, bagian tengah roda dapat terus terkena beban berlebihan. 

    Dengan begitu, ia menyebabkan keausan tidak merata dan dapat mempercepat keausan pada tepi roda. 

    Sebaliknya, tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bagian tengah roda menjadi lebih rentan terhadap benturan dan kerusakan. Maka dari itu, ketahui tekanan udara sesuai untuk memperlama usia roda.

    • Penggunaan Ban yang Salah

    Memilih ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau mengganti ban dengan ukuran yang tidak tepat dapat memengaruhi keseimbangan dan kinerja roda. 

    Ban yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menyebabkan ketidakstabilan kendaraan, dan dapat mempercepat keausan pada roda dan ban.

    Sebaiknya gunakan ban yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Supaya Anda tidak membutuhkan dana besar dalam perbaikan atau penggantian roda yang cepat aus.

    • Tidak Memeriksa Rem secara Berkala

    Rem yang aus atau tidak berfungsi dengan baik dapat berpengaruh terhadap kondisi roda mobil Anda. Selain itu, rem yang tidak berfungsi dengan baik dapat meningkatkan risiko kecelakaan. 

    Apalagi jika Anda memiliki gaya mengemudi yang buruk. Misalnya melaju dengan kecepatan cukup tinggi, atau melakukan manuver mengejutkan. Kemudian melakukan pengereman secara mendadak. 

    Ini dapat membuat ban jadi cepat aus. Pastikan untuk memeriksa sistem pengereman secara berkala.

    • Tidak Melakukan Rotasi Ban

    Rotasi ban tidak teratur dapat menyebabkan keausan yang tidak merata pada roda. Untuk itu, Anda wajib melakukan rotasi ban secara teratur. Supaya roda mobil rusak dapat terhindarkan.

    Selain itu, hal ini dapat membantu memastikan bahwa keausan ban terdistribusi dengan baik pada semua roda. Kemudian tentu saja dapat memperpanjang umur pakai roda ban.

    • Sering Berkendara di Jalan Rusak

    Selain rawan celaka, ternyata jalan rusak juga berkontribusi merusak beberapa komponen kendaraan. Salah satunya masa  pakai roda ban pada mobil.

    roda masuk jalan yang rusak

    iStock.com

    Apabila Anda sering melewati jalan yang penuh lubang, rusak parah atau bahkan kasar, maka ban kamu juga lekas aus. Sebab, jalan rusak ini membuat tekanan pada ban jadi  tidak merata.

    Sebaiknya, Anda menghindari melewati jalan rusak ini. Apabila terpaksa, jangan melaju dengan kecepatan tinggi saat berada di jalan rusak. Supaya ban jadi lebih awet.

    Merawat roda mobil dengan baik, sangat bermanfaat untuk keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan roda adalah langkah proaktif dalam perawatan mobil. 

    Pemeriksaan berkala, pemeliharaan tekanan udara, dan tidak mengganti komponen sembarangan, jadi langkah sederhana merawat supaya terhindar dari roda mobil rusak.