Berita

    Cari Tahu Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

    Dinamo starter merupakan komponen penting pada mobil. Apabila dinamo starter mobil rusak, mesin tak akan menyala dan mobil tidak bisa digunakan. Dinamo starter atau disebut juga dengan motor starter, berfungsi memutar gigi flywheel untuk menyalakan mesin kendaraan. 

    Jika dinamo starter rusak tentu Anda tidak bisa menggunakan mobil. Kalaupun mesin  berhasil menyala setelah Anda mencoba starter beberapa kali, besar kemungkinan mesin mobil akan sulit dinyalakan kembali. Jika Anda sudah menemukan tanda-tanda dinamo starter rusak, lebih baik segera bawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

    Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

    Kerusakan pada dinamo starter mobil lebih mudah dikenali. Karena Anda akan langsung mengetahui ada masalah pada bagian dinamo starter, saat mobil sulit dinyalakan. Penyebab dinamo starter mobil rusak sendiri bisa bermacam-macam. Bisa karena masalah pada Aki atau ada komponen dinamo yang rusak. 

    Berikut ini ciri-ciri  dari dinamo starter yang mengalami kerusakan: 

    • Tidak Ada Reaksi Saat Distarter

    Tanda pertama yang bisa Anda kenali adalah dinamo tidak bereaksi saat Anda mencoba men-starter mobil. Hal ini menjadi pertanda dinamo starter sudah lemah atau rusak. Penyebabnya kemungkinan besar karena sekring yang putus dan ini juga menjadi tanda adanya konsleting pada jalur kelistrikan dinamo. 

    • Muncul Suara Gemeretak

    Bila muncul suara seperti gemeretak saat men-starter mobil, kemungkinan besar suara itu berasal dari benturan logam. Yaitu gigi-gigi yang ada pada gear pinion dan ring gear. Suara benturan terjadi karena kedua gigi tersebut sudah aus atau rusak. Jika suara gemeretak semakin kencang, maka itu adalah tanda kerusakan pada komponen tersebut sudah semakin parah.

    • Muncul Suara Mendesing

    Jika yang muncul adalah suara mendesing, itu berarti mobil Anda mengalami starter loss. Yaitu kondisi di mana komponen armature shaft yang semestinya memberikan putaran pada gear opinion malah berputar sendiri. Ini terjadi karena bantalan satu arah gear pinion rusak. Hal ini membuat mobil mengeluarkan suara mendesing, tetapi tidak ada tanda mesin akan menyala. 

    • Sulit Distarter Saat Kondisi Mobil Panas

    Ciri-ciri dinamo starter mobil rusak berikutnya adalah mobil sulit di-starter padahal baru selesai dipakai dan mesin mobil masih panas. Ketika Anda kesulitan menyalakan kembali mobil setelah dimatikan beberapa lama, kemungkinan besar penyebabnya karena tahanan koil yang banyak. Saat mobil masih panas, nilai resistansi pada kumparan bertambah. Membuat arus listrik tertahan dan mesin jadi lebih sulit untuk menyala kembali.

    • Aki Mobil Lemah