Berita

    Penyebab Rem Mobil Bunyi saat Diinjak dan Cara Mengatasinya

    Pernah mengalami rem mobil bunyi ketika diinjak? Terdengar sepele namun sebenarnya kondisi ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Kira-kira apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan apa solusi tepat mengatasinya? 

    Penyebab Rem Mobil Bunyi ketika Diinjak

    Ada beberapa faktor penyebab yang bisa memicu munculnya suara pada rem saat diinjak. Supaya bisa mengambil solusi yang tepat, pahami dulu apa saja faktor penyebabnya berikut ini. 

            1. Rem Kotor

    Jika kondisi rem kotor maka secara otomatis ada banyak partikel seperti pasir dan debu yang mengisi celah antara kampas rem dan cakram. Hal ini bisa menimbulkan suara berdecit saat pengemudi menginjak rem. 

            2. Kurang Pelumas

    Rem membutuhkan pelumas agar bisa bekerja dengan baik dan lancar. Jika pelumas rem habis dan rem dalam kondisi kering, maka akan muncul suara saat rem tersebut diinjak. 

    Tidak hanya menimbulkan suara berdecit, biasanya kondisi ini juga merusak performa rem secara signifikan. Rem bisa saja tidak berfungsi total karena tidak adanya pelumas. 

            3. Terkena Oli

    Salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak adalah adanya tetesan oli di bagian cakram dan kampas rem. Biasanya kondisi ini akan memicu suara berdecit dan cukup keras sampai memekakkan telinga. 

    Hal ini sangat berbahaya, tidak hanya memicu suara rem namun juga bisa menjadi sumber celaka. Biasanya roda jadi tidak bisa berhenti berputar karena sistem rem tidak bekerja optimal. 

            4. Terkena Air

    Selain oli, air juga bisa menyebabkan masalah pada bagian rem mobil. Air yang menempel di piringan cakram ternyata juga bisa memicu munculnya suara rem mobil saat diinjak. 

            5. Kampas Habis

    Masalah lain yang bisa menyebabkan suara berdecit pada rem saat diinjak adalah kampas habis. Jika kampas rem habis, maka secara otomatis rem tidak bisa mencengkeram bagian cakram dan muncul suara berdecit. 

            6. Rem Tidak Rata

    Faktor lainnya yang bisa menyebabkan rem mobil bunyi ketika diinjak adalah rem tidak rata. Kondisi semacam ini dapat terjadi pada tipe rem cakram dan tromol. Biasanya kondisi ini terjadi karena kampas rem tidak pernah diganti. 

    Selain memicu suara, rem tidak rata juga bisa menyebabkan getaran saat pengemudi melakukan pengereman. Jadi, memang sangat penting untuk mengganti kampas rem tepat waktu demi kenyamanan dan keamanan.