Berita

    Kenali, Ciri-ciri Aki Rekondisi Agar Tak Salah Pilih

    Aki rekondisi adalah aki yang sudah rusak namun diperbaiki dan dijual kembali. Biasanya banyak dilakukan oleh penjual yang tidak amanah. Hal seperti ini rawan terjadi jika Anda melakukan pembelian di toko yang tidak resmi. 

    Meski demikian, masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui bahwa aki bekas yang direkondisi ini beredar di pasaran. Maka sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan penjual. Kira-kira apa saja yang menandakan bahwa aki sudah rekondisi? 

    Mengenali Aki Rekondisi Supaya Bisa Anda Hindari

    Sebenarnya tidak masalah melakukan pembelian aki bekas. Hanya saja jika aki tersebut pernah rusak kemudian direkondisi maka tidak kami rekomendasikan. Untuk itu, pahami perbedaan aki bekas dan yang rusak namun sudah rekondisi. 

    Rekondisi berarti beberapa cara yang dilakukan untuk membuat aki dapat bekerja kembali. Hanya saja masa kerjanya menurun dan dapat bertahan 7 – 10 bulan saja. Kenali ciri-ciri aki rekondisi di bawah ini!

    • Ditawarkan dengan Harga Miring

    Sebagai komponen yang berperan penting dalam sistem kelistrikan di mobil Anda, aki termasuk komponen yang vital. Sebaiknya, Anda juga tidak sembarangan saat membeli aki. 

    Harga pasaran aki baru dimulai dari Rp600 ribu hingga jutaan rupiah. Memang relatif mahal, jika Anda tiba-tiba mendapatkan aki dengan harga Rp200 – 350 ribuan, Anda patut curiga. 

    Pasalnya, aki mobil yang baru dan berkualitas tidak semestinya dijual dengan harga semiring itu.

    • Terdapat Goresan

    Salah satu ciri aki rekondisi adalah adanya tanda berupa goresan. Tanda tersebut akan dengan mudah Anda identifikasi pada kutub negatif maupun positif di aki. Goresan itu menjadi petunjuk bahwa aki tersebut sudah pernah dipakai. 

    Selain itu, Anda juga dapat melihat baik-baik pada bodi aki. Komponen aki bekas rekondisi pasti akan nampak sedikit menggembung sebab telah terjadi proses kimiawi. Sementara pada tutupnya juga seperti tidak rapat.

    • Garansi yang Pendek

    Perlu Anda ketahui bahwa untuk setiap pembelian komponen aki mobil, Anda berhak mendapatkan garansi selama satu tahun. Jadi, ketika Anda membeli aki rekondisi, garansi yang ditawarkan tidak lama dan cenderung sangat singkat. Garansi untuk aki bekas rekondisi hanya 1 sampai 3 bulan saja.

    • Warna Aki yang Nampak Kusam

    Cara lain untuk mendeteksi apakah Anda sedang membeli aki dari oknum tidak bertanggung jawab adalah dengan memperhatikan warnanya. Tampilan untuk aki yang direkondisi biasanya terlihat lebih kusam dan agak kotor.