Berita

    Tips dan Cara Mengatasi Mobil Baret

    Bagi sebagian orang, mobil adalah aset investasi. Karena itu, menjaga penampilannya selalu prima adalah hal yang penting. Sayangnya, goresan atau baret pada mobil bisa terjadi kapan saja. Biasanya, penyebab mobil baret adalah karena kesalahan saat mengemudi atau parkir.

    Selain itu, benturan atau gesekan juga dapat dapat menimbulkan baret yang kecil maupun besar, tergantung tingkat keparahannya. Namun jangan khawatir! Sebab ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah baret pada mobil.

    Alternatif Cara dan Tips Atasi Mobil Baret

    Untuk mengatasi goresan atau baret pada mobil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri maupun dengan meminta bantuan profesional. Sebagai referensi, ini dia beberapa opsi cara dan tips yang bermanfaat untuk coba:

    • Gunakan Kompon

    Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan goresan pada mobil adalah dengan menggunakan kompon. Kompon berwarna putih memiliki daya kikis yang kuat dan sangat efektif untuk menghilangkan baret yang ringan.

    Caranya mudah, pertama-tama cukup bersihkan bagian yang tergores dengan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kemudian lap bagian tersebut hingga benar-benar kering.

    Selanjutnya, oleskan kompon poles pada bagian yang tergores dengan hati-hati. Perlu diperhatikan, jangan biarkan kompon mengering terlalu lama. Segera bilas dengan air dan keringkan jika dirasa sudah cukup.

    • Oleskan Minyak Rem

    Minyak rem juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret mobil. Cukup tuangkan minyak rem ke kain kanebo kering, lalu oleskan secara merata pada permukaan area mobil yang tergores.

    Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan kemudian periksa hasilnya. Harap berhati-hati karena minyak rem memiliki sifat yang sangat kuat, sehingga kesalahan kecil dapat merusak penampilan mobil Anda.

    • Aplikasikan Wax

    Alternatif mengatasi mobil baret selanjutnya adalah dengan menggunakan wax. Terdapat dua tipe wax, yaitu padat dan cair. Biasanya, tipe wax ini digunakan untuk mengatasi baret yang lebih halus.

    Wax cair memiliki sifat abrasif sehingga lebih mampu menyamarkan baret atau goresan. Namun di sisi lain, cairan tersebut perlu diaplikasikan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lain.

    • Gosokkan Pasta Gigi

    Ternyata, bahan sehari-hari seperti pasta gigi juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan baret pada mobil. Hal ini karena pasta gigi juga memiliki sifat abrasif sehingga bisa mengikis permukaan mobil Anda.

    Caranya, pastikan mobil sudah bersih, basahi kain lembut, tuangkan pasta gigi secukupnya, dan gosok dengan hati-hati secara melingkar. Jika baret tidak terlalu parah, cara ini cukup efektif. Namun harap berhati-hati agar tidak timbul goresan lain.

    • Gunakan Scratch Remover

    Scratch remover adalah bahan penghilang goresan di mobil yang cara kerjanya kurang lebih sama dengan kompon (compound). Yaitu cukup dioleskan saja pada area yang terkena baret secara merata.

    Scratch Remover

    Pexel.com

    Sebaiknya, gunakan kain microfiber yang halus untuk menggosoknya secara merata dengan gerakan memutar. Sama seperti bahan-bahan sebelumnya, cara ini lebih efektif untuk goresan yang tidak terlalu dalam.

    • Melakukan Cat Ulang

    Mengecat ulang mobil mungkin merupakan cara yang lebih ekstensif, tetapi efektif jika baretnya cukup parah. Namun, proses ini memerlukan ketelitian yang tinggi, sehingga harus dilakukan langsung di bengkel terpercaya.

    Sebelum melakukannya, pastikan mobil Anda memang memerlukan pengecatan ulang, karena proses ini tidak murah. Sebelum melakukan cat ulang, pihak bengkel akan memeriksa bagian yang tergores terlebih dahulu.

    Kemudian, bagian tersebut akan diamplas hingga halus dan baretnya tidak terlihat lagi. Jika sudah halus, maka proses pengecatan akan dimulai. Hasilnya, mobil Anda akan tampak seperti baru lagi.