Berita

    Simak Tips 7 Berkendara Saat Hujan

    Saat ini, di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Sebagai pengemudi, tentu harus lebih hati-hati saat hujan terjadi. Salah satu caranya dengan memahami batas kecepatan berkendara saat hujan. Batasan ini sebagai langkah untuk membuat pengendara lebih aman saat hujan. Untuk itu, sebaiknya dipatuhi ya!

    Batas Ideal Kecepatan Mobil saat Hujan

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika berkendara di saat hujan adalah kecepatan. Mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi di jalanan licin sangat rentan mengalami aqualaning atau mobil hilang kendali sehingga mobil tergelincir. Sebagai solusi Anda disarankan untuk mengurangi kecepatan mobil selama kondisi jalanan masih basah. Adapun batas ideal kecepatan berkendara saat hujan yaitu berkisar antara 30 kmph sampai 60 kmph. Apabila Anda melebihi kecepatan tersebut sangat berisiko mengalami aquaplaning. Selain mengatur kecepatan, Anda juga perlu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda untuk mencegah terjadinya tabrakan, sebab saat hujan mobil akan lebih sulit direm. Adapun jarak normal pengereman adalah 3 detik, namun apabila turun hujan Anda harus meningkatkan jarak aman menjadi berkisar antara 4 sampai 5 detik.

    Manfaat Mengemudi dengan Kecepatan Ideal saat Hujan

    Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengemudi mobil dengan kecepatan ideal, saat cuaca hujan. Seperti:

            1. Pengereman Lebih Baik

    Saat cuaca cerah, pengeraman pada mobil akan dilakukan dengan maksimal. Jarak amannya yakni sekitar 3 detik, maka rem sudah bisa membuat kecepatan mobil berkurang.

    Sedangkan apabila cuaca hujan, maka jarak aman untuk melakukan pengereman menjadi 4 - 5 detik. Meski tidak bisa dihitung secara pasti, namun angka ini bisa didapatkan apabila Anda mengendarai mobil dengan kecepatan ideal.

    Pengereman ini sangat penting diperhatikan. Sebab, mobil bisa tergelincir apabila proses pengereman dilakukan spontan dan kuat saat jalan sedang licin.

            2. Mengemudi Dalam Kontrol

    Manfaat lain adalah mampu mengontrol saat sedang berkendara. Apabila Anda memperhatikan betul kecepatan, maka tidak akan ada gerakan tiba-tiba saat hujan. Termasuk proses pengereman keras.

    Gerakan tiba-tiba hingga pengereman keras ini bisa menyebabkan bahaya. Mobil bisa kehilangan kontrol hingga terjadi selip ban. 

            3. Terhindar dari Kecelakaan

    Manfaat terakhir adalah untuk menghindari risiko kecelakaan di jalan karena hujan. Sebab saat hujan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan.