Berita

    Sering Terlupa, Ini Fitur-Fitur pada Jok Mobil dan Fungsinya

    Banyak orang awam yang menganggap bahwa jok mobil hanya berguna untuk tempat duduk saja. Namun sebenarnya ada banyak fitur jok mobil yang bisa digunakan oleh penggunanya. Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahuinya.

    Lantas, apa saja berbagai fitur tersebut? Jangan lewatkan ulasan selengkapnya di bawah ini untuk menyegarkan pikiran Anda!

    Fitur Jok Mobil dan Fungsinya

    Seiring berkembangnya teknologi, berbagai perusahaan mobil menambahkan fitur-fitur yang ada di jok untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Berikut di antaranya:

    Auto Adjuster Seat

    Banyak mobil modern yang mempunyai fitur untuk mengatur posisi jok agar sesuai dengan postur tubuh dengan mudah. Hal ini disebabkan Anda hanya butuh menekan tombol tertentu saja.

    Ada empat tombol yang bisa Anda coba. Tombol pertama adalah reclining yang berfungsi untuk mengatur sandaran jok ke belakang atau ke depan. Lalu ada seat lifter yang berfungsi untuk mengatur ketinggian jok.

    Tombol selanjutnya adalah front vertical yang berguna untuk mengatur ketinggian bagian depan jok. Tombol terakhir adalah seat slide yang mengatur posisi jok agar maju atau mundur.

    Seat Temperature

    Saat ini Anda tak perlu khawatir jika berkendara dengan suhu yang ekstrem. Hal ini disebabkan ada fitur jok mobil bernama seat temperature.

    Unsplash

    Sesuai namanya, Anda bisa membuat jok agar semakin panas atau semakin dingin dengan fitur ini. Tentu hal ini bisa meningkatkan kenyamanan saat mengemudi terlepas bagaimana kondisi di sekitar.

    Active Head Rest System

    Head rest adalah sandaran kepala yang terletak di bagian atas jok. Memang sandara kepala ini sudah ada sejak dulu. Namun hal itu tidak secanggih fitur active head rest system yang diterapkan pada mobil saat ini.

    Fungsi fitur pada jok mobil yang satu ini adalah untuk menaikkan head rest saat terjadi kecelakaan. Dengan demikian, cedera leher maupun kepala dapat diminimalisir.

    Isofix

    Jika masih memiliki anak kecil bahkan balita, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini. Isofix berfungsi untuk meletakkan dan mengikatkan kursi mobil khusus balita dengan kuat dan aman.

    Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengikatkan sabuk pengaman melewati kursi khusus balita tersebut. Umumnya fitur ini ada di baris kedua, tempat anak kecil bisa duduk dengan kondisi paling aman.

    Ottoman Function

    Fitur jok mobil ini umumnya dapat ditemukan di berbagai mobil premium atau kelas atas. Namun tidak pada semua baris jok Anda bisa menikmati fitur ini karena biasanya hanya terdapat di baris ketiga dan kedua.

    Jok yang memiliki fitur ini akan memiliki teknologi pijat elektrik. Tersedia berbagai mode, kecepatan, hingga area tubuh yang bisa dipijat dalam fitur ini. Tujuannya adalah untuk meregangkan otot terutama saat perjalanan jauh.

    Tak hanya itu saja, jok dengan fitur ini juga mempunyai sandaran betis. Sandaran ini pun bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan agar perjalanan dapat menjadi semakin nyaman.

    Captain Seat

    Sesuai namanya, captain seat hanya bisa diduduki oleh satu orang saja agar penumpang lebih nyaman. Posisi duduk pun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

    Tak hanya itu saja, beberapa perusahaan juga menyediakan fitur untuk menambahkan kenyamanan. Salah satunya adalah pengaturan side support untuk sandaran kepala.