Berita

    Mengenal GPS pada Mobil: Panduan Memahami Sistem Navigasi

    Ketika melakukan perjalanan, kita sering mengandalkan GPS atau Global Positioning System untuk menemukan jalan yang tepat. Kini, sudah ada sistem navigasi pada mobil untuk kendaraan keluaran terbaru. Jadi, perjalanan Anda akan jauh lebih mudah dan cepat. 

    Lantas, bagaimanakah cara GPS bekerja pada sebuah mobil? Simak pembahasan berikut ini.

    Cara Kerja Sistem Navigasi pada Mobil

    Sistem navigasi menggunakan jaringan satelit yang berfungsi untuk menentukan posisi dari mobil Anda. Biasanya, sistem ini menggunakan proses trilateration yang mengacu dari tiga satelit.

    Titik kendaraan atau lokasi akan dikirimkan melalui tower operator lewat sinyal GPS. Di dalam sebuah server, data mengenai posisi mobil Anda akan dikonversi serta diproses sehingga menghasilkan informasi yang ditampilkan pada smartphone, aplikasi desktop ataupun web browser. Untuk lebih singkatnya seperti ini:

    • Sistem navigasi menerima sinyal informasi perihal koordinat minimal dari tiga sumber satelit.
    • Sistem navigasi yang telah menerima informasi akan menyalurkan informasi tersebut ke server operator melalui tower seluler yang tersedia.
    • Informasi tentang posisi tersebut akan diproses oleh server agar menemukan dan mengirimkan keberadaan lokasinya.
    • Data yang telah dilacak menggunakan sistem navigasi tersebut dapat dilihat melalui berbagai macam aplikasi seperti browser, smartphone maupun aplikasi desktop.

    Ada dua jenis GPS yang saat ini ada pada mobil yaitu GPS navigasi dan GPS tracker. Penjelasannya sebagai berikut:

    • GPS Navigasi

    Memiliki kinerja yang sangat simpel daripada tracker, GPS navigasi sendiri ditujukan untuk memberikan rute yang sudah ada, tidak perlu berlangganan bulanan sehingga lebih murah.

    Namun, memiliki lebih banyak kekurangan, seperti kondisi real time pada sebuah jalan, cuaca dan sebagainya, karena GPS ini memperbarui map-nya setiap 2 bulan sekali.

    • GPS Tracker

    Versi upgrade dari GPS Navigasi, selain mempunyai navigasi sebagai fungsi utama, memiliki kemampuan untuk membuat Anda menghindari melewati jalan buntu, serta memberikan rute terbaik agar tidak terjebak macet.

    GPS tracker juga menyajikan data yang lebih akurat dan up to date yang berubah hampir setiap detiknya, sehingga pengguna ataupun pemilik mobil rental bisa mengetahui kondisi cuaca dan mobil yang tengah digunakan seperti, kecepatan, jam kerja, jarak tempuh dan parkir.

    Cara Mengatur Rute Perjalanan

    Freepik.com