Berita

    Ketahui Tipe Kunci Mobil Berdasarkan Ukurannya

    Kunci busi mobil adalah alat untuk memasang atau melepaskan busi mobil yang terdiri atas beberapa jenis sesuai ukuran maupun model. Masing-masing jenis memiliki fungsi penggunaan serta keunggulan yang berbeda, sehingga tidak bisa sembarang digunakan.

    Misalnya, ada jenis kunci busi yang hanya bisa digunakan untuk jenis mobil tertentu, sehingga tidak bisa dipakai untuk memasang dan melepaskan busi mobil tipe lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk memahami perbedaannya.

    Tipe Kunci Busi Mobil Berdasarkan Ukurannya

    Di Indonesia, hanya ada 2 jenis ukuran kunci busi untuk mobil yang umum ditemukan. Ukuran tersebut menyesuaikan dengan jenis mobil yang tersedia di pasar Indonesia. Berikut rincian jenis ukuran beserta fungsinya:

    • Ukuran 16 mm

    Tipe kunci busi pertama berdasarkan ukuran yang digunakan mobil Indonesia adalah 16 mm. Kunci ini berfungsi untuk memasang, mengencangkan, atau melepaskan busi mobil penumpang berukuran kecil, mulai dari sedan hingga low MPV.

    • Ukuran 20,8 mm

    Berdasarkan ukuran yang digunakan mobil Indonesia, tipe kunci busi kedua adalah 20,8 mm. Kunci ini berfungsi untuk memasang, mengencangkan, atau melepaskan busi mobil seperti SUV yang ukuran bodinya lebih besar dari MPV.

    Selain melihat dari jenis mobilnya, cara mengetahui ukuran kunci yang tepat untuk busi mobil Anda adalah dengan mengukur langsung. Anda cukup mengukur bagian tengah badan busi yang terbuat dari logam untuk mengetahui tipe ukuran kunci yang sesuai.

    Tipe Kunci Busi untuk Mobil Berdasarkan Modelnya

    Selain berdasarkan ukuran, kunci busi untuk mobil juga dibedakan berdasarkan jenisnya. Berikut 3 tipe model kunci busi yang umum digunakan di bengkel Indonesia beserta kegunaannya:

    • Model Pipa

    Seperti namanya, kunci busi tipe ini berbentuk memanjang seperti pipa, dimana salah satu ujungnya memiliki bentuk heksagon. Ukurannya juga berbeda-beda tergantung busi yang digunakan.

    Salah satu sisi ujungnya berfungsi untuk mengganti, melepas, mengencangkan, atau memasang ulang busi. Sedangkan di ujung satunya lagi terdapat lubang yang berfungsi sebagai tangkai untuk memutar kunci busi.

    • Model Ratchet

    Tipe kunci busi mobil selanjutnya adalah model ratchet, yaitu jenis kunci busi yang memiliki tambahan gagang ratchet seperti pada kunci sok. Umumnya, tipe ini tersedia dalam bentuk 1 set berisi soket busi ukuran 16 atau 20,8 mm, ring, dan tangkai.