Berita

    Ketahui Fungsi Ground Clearance pada Mobil dan Ukurannya

    Memiliki mobil model sport city mewah dan bergaya yang lincah dipakai berkendara di jalanan perkotaan tentu pernah menjadi impian beberapa orang. Namun, tak semudah itu mengendarai sport city dengan ground clearance rendah jika Anda tinggal di Indonesia.

    Mengapa demikian? Meski tinggal di daerah perkotaan, masih banyak jalanan di Indonesia yang berlubang, bergelombang dan penuh polisi tidur. Hal itu jelas akan memengaruhi laju mobil sport city Anda. 

    Memangnya apa itu ground-clearance mobil? Berikut akan kami berikan pembahasan agar Anda lebih mengetahui fungsi dan ukurannya pada mobil Anda.

    Apa Itu Ground Clearance?

    Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan ukuran ground-clearance, ada baiknya untuk mengetahui apa itu ground-clearance pada mobil. Ground-clearance atau sederhananya disebut kolong mobil adalah jarak ideal antara bagian bawah mobil dengan permukan jalanan. 

    Bagian mobil yang sebelah mana kah yang menjadi titik ukurnya? Tepatnya di bagian knalpot muffler pada tengah bawah mobil Anda. 

    Tidak tepat apabila selama ini Anda beranggapan bahwa jarak kolong mobil ke permukaan tanah diukur atau ditentukan oleh besar kecilnya roda. 

    Apa Saja Fungsi dari Ground Clearance?

    Berikut ini adalah beberapa fungsi kolong mobil yang wajib diketahui, sebagai bahan pertimbangan jika kelak Anda akan membeli mobil baru.

    • Aman saat Melibas Jalanan Tidak Rata

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa jalanan di Indonesia kebanyakan masih belum rata dan mulus. Masih sering kita temui medan berlubang atau bumpy di perkotaan. 

    Dengan memiliki kolong yang cukup tinggi pada mobil Anda, lebih aman saat kendaraan Anda melintasi jalanan yang tak rata. Pernahkah Anda merasakan bodi bawah mobil bergesekan dengan permukaan aspal saat melintasi polisi tidur? Hal itu disebabkan ukuran kolong mobil yang rendah. 

    Sehingga terjadi pergesekan antara bagian bawah mobil dengan permukaan jalanan. Jika membiarkan hal ini terus terjadi, bisa-bisa merusak komponen bawah mobil Anda. 

    • Terhindar dari Genangan Air

    Tak bisa dipungkiri, banyak juga wilayah di Indonesia yang masih terdampak banjir. Pada musim penghujan pun jalanan yang berlubang dan tidak rata menciptakan banyak genangan. 

    Dengan ground clearance yang cukup tinggi, bisa meminimalisir bahkan menghindari resiko mesin mobil tergenangi air. Bahkan siap untuk menerobos banjir perkotaan. Kalau air sampai memasuki komponen mesin, maka dapat berpotensi terjadi water hammer.

    • Sistem Suspensi Bekerja Maksimal