Berita

    Featured Image

    Dampak Menjemur Mobil Terlalu Lama

    Menjemur mobil di bawah terik matahari sangat memengaruhi kondisi mobil. Dampak menjemur mobil dapat memengaruhi kondisi eksterior maupun interior mobil. Walaupun dampak buruk tersebut tidak langsung dirasakan, namun ada baiknya jika Anda menghindarinya.

    Dampak buruk dari menjemur mobil banyak sekali ragamnya dan Anda tentu harus mengetahuinya. Pada pembahasan artikel di bawah ini, ketahui berbagai dampak menjemur kendaraan mobil Anda. Tujuannya, agar Anda tidak sembarangan menjemur mobil terlalu sering.

    Suka Menjemur Mobil di Terik Matahari? Ini Dampaknya

    Menjemur mobil terlalu sering akan berdampak pada kondisi eksterior maupun interior mobil Anda. Tentu hal ini wajib dihindari karena akan menurunkan nilai estetika mobil yang Anda miliki. Maka dari itu, simak dampak apa saja yang Anda dapatkan ketika menjemur mobil berikut ini:

    • Cat Mobil Cepat Pudar

    Komponen mobil yang paling utama terdampak ketika sering menjemur mobil di bawah matahari adalah cat mobil. Panas terik matahari jika terus-menerus mengenai body mobil akan berdampak pada rusaknya cat mobil Anda.

    Sinar ultraviolet (UV) pada matahari membuat cat mobil Anda memudar dan dalam waktu yang lama akan membuat cat menjadi retak atau blister. Hal ini karena matahari mempercepat proses oksidasi cat mobil dan menjadikan tampilan mobil Anda menjadi kusam.

    • Kinerja AC Tidak Optimal

    Kedua, kinerja AC mobil juga dapat terganggu karena dampak sering dijemur di bawah matahari. Suhu panas yang berasal dari matahari akan masuk ke dalam mobil dan merusak AC mobil. Hal ini karena AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan kabin mobil Anda.

    kinerja ac tidak optimalFreepik.com

    Karena seperti yang diketahui bahwa panas matahari yang masuk ke dalam kabin mobil dapat mencapai suhu 60 derajat celcius. Oleh karena itu, AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan dan jika terlalu lama digunakan akan rusak AC mobil Anda.

    • Interior Mobil Rusak

    Panas yang berasal dari terik matahari tidak hanya memengaruhi eksterior mobil. Bagian interior mobil pun terkena dampaknya. Seperti yang Anda ketahui bahwa bagian kabin interior mobil terdapat komponen-komponen seperti jok yang terbuat dari kulit dan bahan plastik lainnya.

    Jika komponen-komponen ini terkena sinar matahari terlalu sering, akibatnya akan mengalami kusam, retak dan dalam kasus ekstrim akan meleleh. Maka dari itu, menjemur mobil di bawah terik matahari terlalu lama pasti berdampak buruk.

    • Kualitas Ban Buruk

    Tidak hanya memengaruhi kabin mobil dan AC saja, dampak menjemur mobil di bawah terik sinar matahari terlalu lama juga memengaruhi kualitas ban mobil Anda. Hal ini dikarenakan ban mobil terbuat dari karet yang jika terkena panas tinggi akan berubah kualitasnya.

    Paparan sinar matahari membuat ban mobil Anda menjadi kering dan retak. Jika terlalu lama dibiarkan, maka kualitas ban mobil Anda akan berkurang dan pada kasus tertentu akan mengalami pecah ban. Tentu kondisi ini dapat membahayakan Anda ketika mengemudikan mobil.

    • Memengaruhi Kondisi Baterai

    Jika mobil Anda merupakan mobil listrik, pengaruh menjemur mobil di bawah sinar matahari juga dapat memengaruhi kondisi baterai mobil Anda. Panas matahari dapat mengurangi kinerja optimal baterai karena baterai dapat mengalami proses penuaan dan penurunan kapasitas.

    Pada kasus yang ekstrim, panas matahari dapat membuat baterai mobil Anda menggelembung dan bahkan terbakar. Hal tersebut tentu akan merusak mobil dan membahayakan kondisi Anda.

    • Merusak Komponen Karet Mobil

    Komponen-komponen mobil banyak sekali yang terbuat dari karet dan plastik. Hal ini membuat Anda wajib berhati-hati untuk merawatnya, khususnya dari paparan panas sinar matahari. Karet yang terkena panas matahari terus-menerus akan mudah rusak dan retak.

    Sedangkan, komponen mobil yang terbuat plastik akan meleleh dan rusak apabila terkena panas matahari yang berlebih. Maka dari itu, parkir mobil Anda di tempat teduh dan gunakan pelindung mobil ketika mobil terparkir dalam waktu lama pada suatu tempat.