Berita

    Featured Image

    Engine Flush Mobil: Pengertian & Manfaatnya

    Di dalam mesin mobil yang sudah berumur pasti banyak kotoran dan kerak oli yang menggumpal. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan engine flush mobil yang banyak dijual di pasaran. 

    Kotoran dan kerak oli yang tidak kunjung dibersihkan dapat membuat beberapa komponen mesin mengalami kerusakan, sehingga harus diganti dengan suku cadang baru. Tentu hal ini akan menambah pengeluaran perawatan mobil jika tidak segera ditangani. 

    Engine flush juga dapat mengatasi oil sludge, yaitu suatu kondisi oli yang berubah warna menjadi kecokelatan dan teksturnya menjadi seperti bubur. Dengan engine flush berbagai endapan kotoran dan kerak pada mesin dapat teratasi dengan mudah. 

    Apa Itu Engine Flush Mobil?

    Sebagian orang mungkin belum banyak yang tahu tentang engine flush padahal cairan ini memiliki banyak manfaat untuk mesin mobil. Engine flush adalah cairan bahan kimia yang berguna untuk membersihkan kotoran dan kerak oli yang menempel di permukaan komponen mesin mobil. 

    Mengapa di dalam mesin mobil terdapat kotoran dan kerak? Meskipun mesin mobil tertutup rapat, di dalamnya dapat timbul kotoran dan kerak karena adanya proses oksidasi pada oli yang terjadi akibat suhu tinggi. 

    Suhu tinggi dari ruang pembakaran dalam menimbulkan proses oksidasi yang memicu penguapan dan membakar oli. Sehingga menimbulkan kotoran dan kerak pada  bagian ruang mesin yang sulit dibersihkan. 

    Semakin sering mobil dikendarai maka semakin cepat kotoran dan kerak oli muncul di mesin mobil. Jika terus dibiarkan performa mesin akan menurun bahkan dapat merusak komponen di dalamnya.  

    Manfaat Engine Flush untuk Mesin Mobil

    Engine flush mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk menjaga performa mesin mobil. Apakah aman engine flush aman untuk mesin? Tentu saja aman jika digunakan sesuai aturan dan petunjuk penggunaannya. 

    Untuk informasi selengkapnya tentang manfaat engine flush mobil, simak penjelasan berikut.

            1. Merawat Bagian Karbon dan Sludge

    Karbon dan sludge merupakan komponen yang terletak di dekat ring piston. Dengan menggunakan engine flush kotoran yang menempel pada bagian karbon dan sludge dapat dibersihkan dengan mudah.

            2. Menjaga Performa Mesin

    Ketika komponen mesin dalam keadaan bersih maka performanya akan lebih maksimal karena proses pelumasan dapat berjalan dengan baik.