Berita

    Catat! Tanda-tanda Minyak Rem Bocor

    Permasalahan pada mobil tentu banyak sekali macamnya, salah satunya adalah permasalahan minyak rem bocor. Jika Anda mengalami minyak rem yang terus-menerus berkurang padahal pemakaian mobil tidak begitu intens, mungkin masalah utamanya terdapat adanya kebocoran.

    Padahal, kebocoran rem pada mobil dapat memberikan ketidaknyamanan pada kendaraan Anda hingga mengakibatkan kecelakaan. Simak tanda-tanda minyak rem kendaraan Anda bocor berikut ini, tujuannya agar Anda dapat lebih waspada dan segera untuk memperbaikinya.

    Kenali 5 Tanda Minyak Rem Bocor, Waspadai!

    Kondisi rem bocor tentu sangat membahayakan jika Anda tidak memerhatikan dan segera mengatasinya. Selain memberikan perawatan rutin dan terbaik pada komponen rem, sebaiknya Anda mengetahui tanda-tanda ketika minyak rem mobil bocor. Simak ulasannya di bawah ini!

    • Rem Mobil Blong

    Tanda pertama yang cukup jelas ketika kondisi minyak rem mobil Anda bocor adalah kondisi rem mobil yang blong atau tidak optimal. Minyak rem yang bocor akan mengakibatkan minyak rem berkurang dan memengaruhi komponen slang yang bertugas sebagai saluran minyak rem keluar.

    minyak rem bocor

    Jika komponen tersebut mengalami kebocoran atau tidak bekerja secara optimal, maka potensi masalah yang muncul adalah rem blong. Anda pasti akan merasakan jika rem mobil blong dan hal ini wajib diatasi segera sebelum mengakibatkan kecelakaan yang membahayakan nyawa Anda.

    • Tekanan Hidrolik Tidak Optimal

    Seperti yang Anda ketahui bahwa komponen hidrolik pada mobil membutuhkan minyak rem agar bekerja lebih optimal. Maka dari itu, jika minyak rem mengalami kebocoran maka tanda yang dapat Anda alami adalah tekanan hidraulis yang tidak optimal.

    Biasanya, Anda akan merasakan jika pedal rem diinjak maka akan terasa ringan dan tidak menghentikan mobil sebagaimana mestinya. Hal tersebut dikarenakan tuas rem yang mendorong piston ke master silinder tidak optimal dikarenakan minyak rem mengalami kebocoran.

    • Muncul Suara Angin

    Tanda ketiga yang patut Anda waspadai ketika minyak rem mengalami kebocoran adalah kemunculan suara angin ketika pedal rem diinjak. Suara angin ini akan terdengar cukup keras dan seharusnya Anda dapat mendengarkan ketika berada di dalam mobil.

    Maka dari itu, jika Anda mendengar adanya suara angin ketika pedal rem diinjak, sebaiknya lakukan pemeriksaan segera. Hal ini dikarenakan kebocoran minyak rem tidak hanya dipengaruhi oleh usia mobil, tetapi juga dapat disebabkan oleh adanya komponen kabel yang putus.

    • Minyak Rem Menetes

    Tanda minyak rem bocor yang paling mudah terdeteksi oleh pengguna mobil adalah ketika minyak rem menetes dari tabung reservoir. Jika Anda melihat ke bawah mobil dan ada cairan yang menetes, sebaiknya periksa segera karena dapat menjadi tanda minyak rem mobil bocor.

    Anda dapat rutin mendeteksi tanda-tanda ini ketika pagi hari saat mobil akan digunakan dan malam hari ketika mobil selesai digunakan. Sebaiknya Anda tidak menyepelekan tanda satu ini karena jika dibiarkan, maka potensi minyak rem habis akan lebih meningkat.

    • Mesin Mobil Bergetar

    Terakhir, jika Anda merasakan mesin mobil bergetar tidak wajar saat diinjak pedal rem maka bisa jadi adanya kebocoran pada minyak rem mobil Anda. Hal tersebut dikarenakan ketika udara masuk ke komponen mesin karena adanya kebocoran, sensor akan mendeteksi suhu yang tidak wajar.

    Maka dari itu, sensor ruang bakar menjadi tidak stabil dan justru akan terkontaminasi dengan udara luar. Hal ini yang mengakibatkan mesin mobil akan bergetar secara tidak wajar, terlebih jika Anda menginjak pedal rem terlalu keras.

    Itulah berbagai tanda-tanda minyak rem bocor yang patut Anda waspadai dan segera untuk diatasi. Karena apabila minyak rem sudah mengalami kebocoran, maka akan memberikan ketidaknyamanan dan akan berakibat fatal seperti kecelakaan karena rem blong.