Berita

    Kenali Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2

    Salah satu komponen kendaraan motor dan mobil bernama ring piston memiliki peran penting sebagai penunjang keamanan kendaraan. Maka dari itu, Anda wajib untuk mengetahui fungsi dan perbedaan dari ring piston kompresi 1 & 2.

    Tujuannya adalah agar kendaraan Anda dapat berfungsi dan melakukan performa yang maksimal. Bentuk ring piston kompresi 1 dan 2 sangat amat mirip, sehingga banyak kasus kendaraan tidak berfungsi dengan baik karena pemasangan ring piston tertukar dan tidak sesuai.

    Maka dari itu, di bawah ini akan dijelaskan terlebih dulu mengenai fungsi dari masing-masing ring piston. Karena ini menjadi informasi pelengkap ketika Anda mengetahui perbedaan di antara kedua komponen tersebut.

    Fungsi Ring Piston Kompresi 1 & 2

    Karena masalah yang sering terjadi pada pengendara adalah kesalahan pemasangan antara ring piston 1 dan 2. Maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu fungsi masing-masing dari ring piston kompresi tersebut.

    Ring piston kompresi 1 berfungsi sebagai komponen yang mencegah kebocoran udara dan penyalur panas ke dinding silinder mesin. Maka dari itu, posisi ring piston 1 ini wajib berada di atas.

    Ring piston kompresi 2 berfungsi sebagai lapisan kedua yang dapat membantu adanya kebocoran udara. Artinya, ring piston 2 ini menjadi pendukung bagi ring piston 1. Selain itu, komponen ini memiliki fungsi untuk menyapu dan membersihkan sisa oli pada dinding silinder.

    4 Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2

    Jika Anda sudah mengetahui fungsi dari ring piston kompresi 1 & 2, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui perbedaan masing-masing komponen tersebut. Berikut ini 4 perbedaan yang dapat Anda simak:

            1. Posisi Pemasangan

    Perbedaan pertama yang dapat Anda simak adalah mengenai posisi pemasangan. Ring piston 1 dipasang pada bagian atas, sedangkan ring piston 2 dipasang pada bagian bawah ring piston 1. Karena fungsi ring piston kompresi 2 sebagai back up dari ring piston kompresi 1 tadi.

            2. Tekstur Komponen

    Kedua, perbedaannya dapat Anda lihat dari tekstur komponen, yang mana ring piston kompresi 1 tekstur tepi luarnya lebih halus dan rata ketika diraba. Sedangkan, ring piston kompresi 2 ketika tepi luarnya diraba akan terasa halus tetapi lebih tajam.

    Untuk bentuknya sendiri, ring piston 1 memiliki bentuk luar yang rata dengan tepian dalam yang agak tirus. Bentuk ring piston kompresi 2 memiliki bentuk luar yang tirus dan tepi yang rata.