Berita

    Ini Dia Ciri-ciri Oli Gardan Harus Diganti

    Oli gardan harus diganti secara rutin agar mesin mobil dapat berfungsi dengan maksimal. Gardan sendiri memiliki tugas untuk mendistribusikan tenaga putar yang telah dihasilkan mesin ke roda penggerak mobil.

    Namun sayangnya, masih banyak dari pemilik mobil yang tak menyadari pentingnya rutin ganti pelumas gardan, atau sebenarnya tidak mengetahui kapan saatnya ganti? Mari simak artikel ini sampai bawah!

    Ciri-ciri Oli Gardan Harus Diganti

    Jadwal mengganti oli pada kendaraan biasanya dipatok tiap 3-4 bulan sekali. Namun dalam beberapa kasus jika Anda menemukan ciri-ciri di bawah ini terjadi pada mobil Anda, maka bisa menjadi pertanda bahwa Anda harus mengganti pelumas gardan. Kenali ciri-ciri oli gardan mobil harus segera diganti di bawah ini!

    • Muncul Getaran pada Kendaraan

    Ketika mobil Anda tengah melaju dengan kecepatan yang lumayan kencang, getaran ini akan terasa dan muncul. Tak peduli medan yang Anda lalui, bahkan ketika mobil menghadapi medan yang berkelok getaran akan senantiasa mengalami peningkatan. Untuk itu, Anda harus mulai mengganti pelumas gardan kendaraan Anda.

    • Terdapat Aroma Terbakar

    Salah satu ciri jika oli gardan mobil rusak adalah munculnya aroma terbakar yang biasanya akan terdeteksi dari komponen gearbox. Aroma seperti ini muncul karena komponen gardan yang overheat karena pelumasnya kotor. Bisa juga karena olinya rusak dan kedaluwarsa, sehingga bau seperti ini jadi muncul serta akan sangat mengganggu.

    • Suara Dengung yang Berlebihan

    Tak hanya getaran, pada mobil Anda juga akan muncul suara dengungan yang berisik dan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan pada komponen gardan karena kekurangan pelumas yang sesuai kebutuhan. 

    Apabila Anda tak menyegerakan untuk ganti oli, maka suara jadi lebih kencang dan mengganggu proses berkendara.

    • Perputaran Roda Mobil Terganggu

    Apabila kondisi kendaraan Anda mengalami penyusutan pelumas gardan, maka dapat mengganggu perputaran pada roda kendaraan. Karena salah satu fungsi dari pelumas gardan ini adalah mengontrol kecepatan perputaran pada roda kendaraan. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama, karena bisa berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan.

    • Perubahan Warna Oli

    Cara yang mudah dilakukan untuk melakukan pengecekan kondisi pelumas gardan mobil ialah dengan cek warnanya. Jika Anda mendapati adanya perubahan pada warna, maka sudah saatnya Anda menggantinya.