Berita

    Suhu AC Mobil Terasa Berubah-ubah? Ini Cara Mengatasinya

    Suhu AC mobil tidak stabil adalah masalah yang tidak boleh diremehkan. Hal ini dikarenakan bahwa air conditioner berperan penting dalam menjaga suhu ruang kendaraan tetap nyaman. 

    Ya, suhu AC mobil yang tidak dingin tentu akan mengurangi kenyamanan Anda selama diperjalanan. Hal ini membuat ruang di dalam kabin mobil terasa panas dan sesak nafas. Begitu pula sebaliknya. Suhu yang terlalu dingin juga membuat badan menggigil.

    Artikel ini akan membahas mengenai langkah-langkah yang bisa diupayakan untuk mengatasi ketidakstabilan temperatur air conditioner mobil. Jadi, jangan lewatkan informasi berikut ini!

    6 Tips Mengatasi Suhu AC Mobil Tidak Stabil

    Untuk membantu memperbaiki AC mobil yang bermasalah, tentu Anda perlu mengetahui solusi yang tepat. Apa saja itu? Ikuti poin-poin dan penjelasan di bawah ini!

    • Jaga Kebersihan Kabin

    Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan tak lain dengan menjaga kebersihan kabin mobil setiap waktu. Setidaknya Anda harus membersihkan kabin dari debu dan kotoran 2 minggu sekali.

    Hindari menumpuk sampah di dalam karena bisa menimbulkan bau tidak sedap pada ruang mobil. Usahakan untuk selalu membersihkan secara rutin setelah bepergian dengan banyak penumpang.

    • Periksa Kebersihan Kondensor AC

    Tidak hanya memperhatikan kebersihan kabin mobil, bagian kondensor AC juga harus selalu diperhatikan. Sebab, bagian ini sangat berkaitan erat dengan performa AC mobil Anda.

    Apabila kondensor dipenuhi dengan debu dan kotoran, maka akan membuat kinerja AC menjadi terhambat. Maka dari itu, penting untuk membersihkannya secara rutin agar selalu bersih saat mobil digunakan.

    • Bersihkan Filter AC

    Kebersihan filter AC juga perlu diperhatikan agar komponen ini terhindar dari tumpukan kotoran dan debu. Sebaiknya, Anda perlu membersihkannya sebulan sekali secara berkala.

    Jika kondisi filter sudah sangat kotor, disarankan untuk menggantinya dengan filter baru. Hal ini untuk membuat AC tetap bekerja dengan optimal sehingga suhu ruang mobil tetap dingin.

    filter ac

    • Nyalakan AC dengan Benar

    Cara mengatasi suhu AC mobil tidak stabil juga perlu dilakukan dengan cara penggunaan sehari-harinya dengan tepat. Contohnya seperti menyalakan AC dengan membiarkan semua jendela mobil terbuka saat AC pertama dinyalakan.

    Hal ini dilakukan untuk membuang udara panas yang terjebak di dalam kabin mobil Anda. Baru setelah udara panas keluar, Anda bisa menutup jendela dan menyalakan AC dari terendah hingga ke suhu yang Anda inginkan.

    • Tidak Menyalakan AC Mendadak

    Tips selanjutnya, sebaiknya hindari menyalakan AC secara langsung atau tiba-tiba ketika mobil baru saja dihidupkan. Hal ini akan membuat kinerja AC mobil sulit mengeluarkan suhu yang stabil saat digunakan.

    Sebaiknya, nyalakan AC ketika RPM mobil sudah stabil atau langsam. Cara ini penting untuk dilakukan agar perawatan AC mobil Anda lebih tahan lama digunakan.

    • Tidak Merokok

    Penting untuk diketahui, tips terakhir adalah tidak merokok saat berada di dalam kabin mobil. Baik ketika AC dinyalakan atau tidak, merokok di dalam mobil tentu akan membahayakan keselamatan pengemudi maupun penumpang.

    Selain membuat ruang kabin menjadi bau, asap rokok juga bisa tersedot ke dalam evaporator yang menyebabkan lendir dan kotor. Hal ini lah yang akan membuat AC menjadi tidak dingin dan mengeluarkan aroma udara tidak sedap.

    Jadi, sudah tahu bagaimana cara mengatasi suhu AC mobil tidak stabil? Tips ini bisa Anda terapkan untuk merawat AC mobil tetap tahan lama dengan selalu menjaga kebersihan pada ruang kabin mobil maupun komponen AC di dalamnya.