Berita

    Featured Image

    Bagian Bawah Mobil Berkarat? Ini Penyebabnya

    Kolong mobil berkarat bisa menjadi pemicu timbulnya masalah yang serius. Meskipun karat tersebut ada di bagian bawah kendaraan, jika dibiarkan tanpa ada perbaikan, bisa menyebar dan mempengaruhi performa mobil.

    Itu sebabnya pengecekan rutin harus dilakukan secara menyeluruh hingga ke bagian bawah mobil. Selain itu, sebisa mungkin untuk mencegah timbulnya karat pada kendaraan. 

    Lantas, bagaimana jika sudah telanjur berkarat? Berikut penjelasan lengkap seputar penyebab, cara mengatasi, dan upaya mencegah timbulnya karat pada bagian bawah mobil.    

    Faktor Penyebab yang Membuat Bagian Bawah Mobil Berkarat 

    Bagian bawah atau kolong mobil merupakan tempat yang cukup rentan terhadap karat. Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan timbulnya karat pada bagian ini, di antaranya adalah: 

    • Pengaruh Lingkungan 

    Adanya perubahan lingkungan seperti kelembaban tinggi, cuaca ekstrem, dan gelombang panas bisa memicu timbulnya karat pada mobil. 

    Selain itu, ada beberapa kondisi yang membuat kolong mobil menjadi berkarat karena faktor lingkungan, yaitu: 

    • Sering terpapar air hujan; 

    • Melintasi area banjir; 

    • Mobil terendam banjir;

    • Kerap terkena air laut atau tinggal di wilayah pesisir.  

    • Debu dan Kotoran yang Menempel

    Bagian bawah mobil merupakan area paling rentan terpapar secara langsung dengan berbagai objek seperti air hujan, debu, lumpur, dan kotoran. 

    Menumpuknya berbagai macam objek tersebut jika tidak segera dibersihkan akan mempercepat pertumbuhan karat pada mobil.  

    • Penggunaan Bahan Kimia

    Hindari mencuci mobil menggunakan sampo secara asal karena bisa menyebabkan karat pada mobil, khususnya sampo yang mengandung bahan kimia keras. 

    Potensi timbulnya karat juga bisa terjadi meski telah menggunakan sampo khusus mobil jika setelah dicuci tidak segera dibilas sampai bersih. 

    • Abai dengan Kondisi Bawah Mobil

    Kurang memperhatikan kebersihan kolong mobil juga bisa memicu karat. Apalagi jika menerapkan cara perawatan yang kurang tepat, bisa jadi bagian kolong mobil akan cepat rusak. 

    Kiat Mengatasi Karat Pada Kolong Mobil

    Apabila bagian bawah mobil telanjur berkarat, sebaiknya segera diatasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar karat tidak semakin menyebar ke bagian lainnya, di antaranya adalah: 

    • Ke Bengkel Resmi

    Perawatan pada mobil berkarat ini sebaiknya ditangani langsung oleh mekanik ahli dari bengkel resmi. 

    Sebab, di bengkel tersebut biasanya telah dilengkapi dengan berbagai alat khusus untuk menghilangkan karat atau mempercepat proses perbaikan di bagian bawah mobil.

    • Membersihkan Karat

    Untuk kondisi darurat, Anda bisa membersihkan bagian kolong mobil yang berkarat secara mandiri. Caranya adalah dengan mengikisnya agar karat tidak semakin menyebar ke komponen mobil lainnya. 

    • Menggunakan Lapisan Penetral Karat

    Setelah dibersihkan, Anda bisa mengaplikasikan lapisan penetral karat, yaitu bahan kimia yang ampuh untuk mengatasi karat sekaligus mencegahnya agar karat tidak semakin parah. 

    • Mengganti yang Rusak

    Apabila bagian yang berkarat kondisinya sangat parah dan sulit diperbaiki, cara satu-satunya adalah menggantinya dengan komponen baru. 

    Cara Mencegah Bagian Bawah Mobil Karatan

    Sebagai upaya pencegahan munculnya karat, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

    • Membersihkan dan mencuci kolong mobil secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran, lumpur, dan residu lainnya yang menempel. 

    Pastikan untuk membersihkan hingga ke area yang sulit dijangkau. Setelah dicuci, jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih agar tidak ada sisa sampo yang menempel.  

    • Mengaplikasikan cat atau pelapis anti karat yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.  

    • Memilih area parkir yang tepat, tidak rawan banjir, dan tidak mengandung kelembaban yang tinggi. 

    • Selalu berhati-hati saat berkendara dan menghindari jalanan yang tergenang air dan berlubang. 

    • Melakukan perawatan anti karat secara berkala.

    Itulah informasi penting seputar karat yang ada pada kolong mobil. Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi mobil yang berkarat serta upaya pencegahannya, Anda akan memiliki gambaran tindakan apa saja yang harus dilakukan.