Berita

    Featured Image

    Apakah Cruise Control Cocok untuk Jalan Perkotaan? Ini Penjelasannya

    Berkembangnya teknologi dalam dunia otomotif tentu bertujuan agar memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Tak terkecuali inovasi komponen cruise control (CC) di dalam mobil.

    Fitur CC merupakan fitur mobil yang berfungsi agar kecepatan mesin mobil Anda tetap konstan dan stabil tanpa harus menginjak pedal gas. Namun, ternyata penggunaan fitur satu ini tidak boleh sembarangan, terutama di wilayah perkotaan. Mengapa? Simak ulasannya di bawah ini!

    Fungsi dari Sistem Cruise Control

    Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat bahwa penggunaan CC pada mobil berfungsi untuk menjaga kestabilan kecepatan mobil tanpa harus menginjak gas. Saat CC diaktifkan, Anda dapat melepas kaki Anda dari pijakan pedal gas.

    Jadi, tujuan utama adanya fitur CC adalah agar pengemudi dapat lebih leluasa untuk mengistirahatkan kaki selagi fokus dengan kondisi jalan. Maka dari itu, fungsi fitur CC akan lebih efektif jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

    Pada dasarnya, fitur CC merupakan sistem kendali otomatis dan Anda dapat memanfaatkannya saat mengemudi. Tombol-tombol fitur CC terdiri dari:

    • Tombol On/Off: berfungsi untuk mengaktifkan dan nonaktifkan fitur CC.

    • Tombol (+) dan (-): berfungsi sebagai tombol penambah dan pengurang kecepatan mobil.

    • Tombol SET: berfungsi untuk menentukan laju kendaraan untuk kecepatan yang ditentukan oleh pengemudi.

    Kelebihan Komponen CC

    Dilihat dari fungsi utama fitur komponen CC pada mobil, tentu sangat menarik dan memudahkan para pengemudi. Namun, tetap saja keberadaan fitur canggih selalu ada kelebihan dan kekurangannya untuk bahan pertimbangan para pengemudi. Berikut ini kelebihan fitur CC, yaitu:

    • Mempermudah aktivitas mengemudi karena dapat mengistirahatkan kaki sejenak dan menghindari kaki pegal selama perjalanan jauh.

    • Menjadi cara alternatif dalam berkendara yang cukup baik saat Anda tidak memiliki pengemudi pengganti tapi harus menempuh jarak jauh.

    • Saat cruise control diaktifkan, kecepatan mobil menjadi stabil, sehingga ini dapat menjadi langkah untuk menghemat bahan bakar.

    Kekurangan Komponen CC

    Setelah Anda mengetahui kelebihan dari fitur CC pada mobil, maka selanjutnya Anda wajib mengetahui kekurangan dari fitur ini. Berikut ini penjelasan mengenai kekurangan dari fitur CC, yaitu:

    • Konsentrasi pengemudi menjadi terganggu karena dapat terlena ketika bersantai sejenak.

    • Memicu munculnya kantuk pada pengemudi yang mana dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

    • Bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, terlebih jika pengemudi masih baru belajar atau belum lancar memakai fitur CC ini.

    Apakah Penggunaan CC Efektif saat Berkendara di Dalam Kota?

    Jadi, pertanyaannya apakah penggunaan fitur CC akan efektif saat Anda berkendara di dalam kota? Jawabannya, tidak. Alasannya karena fitur CC disarankan hanya digunakan dalam jalanan berkarakter sepi dan cepat, seperti jalan tol.

    Kondisi jalanan di dalam kota, terutama Jakarta, tidak ideal untuk penggunaan fitur CC karena adanya kemacetan dan lalu lintas tersendat. Hal ini yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat Anda menggunakan fitur CC di dalam kota.

    Maka dari itu, memanfaatkan fitur CC haruslah bijak. Ada hal-hal penting yang Anda perhatikan sebelum menggunakannya, yaitu:

    • Pahami bahwa kendaraan Anda akan terus melaju dalam kecepatan tertentu apabila mengaktifkan fitur CC. 

    • Batas kecepatan kendaraan dalam menggunakan fitur CC adalah 40 km/jam. Itulah mengapa fitur CC paling tepat digunakan di jalan tol yang bebas hambatan.

    • Anda perlu memastikan kondisi jalan harus lowong, lancar, dan memiliki jarak yang aman dengan mobil lain sebelum mengaktifkan fitur CC.

    • Menjaga kewaspadaan saat menggunakan fitur CC adalah hal wajib karena fitur CC bukan fitur autopilot. Anda harus selalu fokus dalam berkendara dan melihat kondisi jalan sekitar.

    • Jangan memakai fitur CC dalam kondisi jalan yang licin, rusak, tanjakan dan banyak tikungan. Karena mengaktifkan fitur CC akan mengganggu manuver Anda.