Berita

    Ketahui Tips Berkendara Saat Musim Hujan

    Mengendarai mobil di tengah hujan harus penuh konsentrasi dan kewaspadaan. Ada beberapa tips berkendara saat musim hujan, yang bisa Anda ikuti. Supaya Anda dapat mengemudikan mobil dengan nyaman dan aman sampai tujuan. 

    Karena selama turun hujan, pandangan pengemudi jadi lebih terbatas. Jalanan lebih licin karena basah. Selain itu, kemampuan ban mobil mencengkram aspal juga berkurang. Bila tidak hati-hati mobil bisa tergelincir.

    Tips Berkendara Saat Musim Hujan

    Cara mengendarai mobil sewaktu hujan berbeda dengan biasanya. Hal ini disebabkan Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk memastikan mobil bisa melaju dengan aman. 

    Mulai dari mengecek komponen mobil, sampai menyalakan fitur pendukung yang membantu Anda berkendara dengan aman. Berikut ini berbagai macam tips berkendara saat hujan, yang sebaiknya Anda lakukan: 

    • Cek Kondisi Ban

    Periksa kondisi ban, karena komponen mobil ini yang bersentuhan langsung dengan jalan. Cek tekanan angin ban, pastikan tidak kurang karena akan memberatkan kerja mesin dan berpotensi membuat ban bocor. 

    Tapi tekanan angin ban juga tidak boleh terlalu tinggi. Sebab akan mengurangi traksi atau gaya gesek antara ban dan permukaan jalan, yang menjaga agar ban tidak tergelincir atau selip. 

    Selain tekanan angin, pastikan juga kondisi ban tidak aus atau tipis. Karena ban yang sudah botak tidak mempunyai daya cengkeram yang maksimal. 

    • Menyalakan Lampu

    Nyalakan lampu utama mobil saat hujan mulai turun. Lampu membantu pengendara lain mengenali mobil Anda dari jauh. Namun jangan nyalakan lampu Hazard, karena itu akan membingungkan pengguna jalan yang lain. 

    Lagipula fungsi lampu hazard yaitu untuk memberitahu bahwa kendaraan Anda mengalami kondisi darurat. Biasanya dinyalakan saat Anda terpaksa menepi di pinggir jalan. 

    • Cek Kondisi Wiper

    Anda pasti akan otomatis mengaktifkan wiper saat turun hujan. Wiper membantu Anda menyeka air hujan di kaca depan dan ada pula yang dipasang di kaca belakang mobil. Sehingga Anda bisa melihat jalan dengan lebih jelas. 

    Cek kondisi karet wiper, jika sudah getas sebaiknya langsung ganti dengan karet yang baru. Pasalnya karet wiper yang getas tidak bisa menyeka air hujan dengan maksimal. 

    Kondisi karet yang sudah tidak bagus akan meninggalkan garis-garis air, menimbulkan bunyi yang tidak nyaman, bahkan menggores kaca mobil.