Berita

    Memahami Apa itu Roof Box Mobil dan Cara Pemasangannya

    Roof box atau kotak atap umumnya digunakan ketika melakukan perjalanan jauh dan panjang, seperti ketika mudik ke kampung halaman atau travelling ke luar kota. Untuk memasang kotak atap, Anda perlu mengetahui cara yang tepat agar aman selama perjalanan.

    Salah satunya adalah mengetahui berapa beban maksimal atap mobil Anda. Cara ini akan membuat pemasangan kotak atap lebih optimal dan menghindari kerusakan pada atap mobil. Temukan informasi lebih lengkap berikut ini!

    Apa itu Roof Box?

    Sebelum mengetahui cara memasang kotak atap, kenali terlebih dahulu apa itu kotak atap. Adapun kotak atap merupakan kompartemen yang diletakkan di atas roof rack untuk menjadi tempat penyimpanan tambahan agar menghindari bagasi terlalu penuh. 

    Fungsi kotak atap adalah untuk meningkatkan kapasitas muatan pada mobil agar barang yang diangkut lebih maksimal. Selain itu, kotak atap juga bermanfaat untuk menambah ruang di kursi penumpang sehingga tidak dipenuhi oleh barang-barang namun penumpang lainnya.

    Selain untuk perjalanan jauh dan panjang seperti mudik atau travelling, kotak atap juga berguna untuk keseharian. Seperti pada saat belanja bulanan, yang memudahkan Anda membawa barang belanjaan tanpa harus memaksakannya di bagasi atau kursi penumpang.

    Cara Pemasangan Roof Box

    Memasang kotak atap perlu memperhatikan berbagai cara berikut ini agar mobil tetap stabil dan aman karena muatannya tidak melebihi kapasitas:

    • Mengetahui Batas Beban Maksimal dari Atap Mobil

    Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui batas beban maksimal yang bisa ditahan oleh atap mobil Anda. 

    Ini bisa berbeda untuk setiap mobil, sehingga temukan batas beban maksimal pada buku panduan mobil atau tanyakan pada dealer mobil.

    Mengetahui beban maksimal atap mobil bisa menjaga stabilitas berkendara serta mencegah risiko kerusakan pada bagian atap mobil.

    • Memilih Desain yang Sesuai

    Selanjutnya, Anda perlu memilih kotak atap dengan desain serta bentuk sesuai dengan atap mobil Anda. Terdapat berbagai bentuk dan desain kotak atap yang dirancang khusus untuk barang tertentu, jadi penting menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. 

    Apabila Anda perlu kotak atap untuk membawa barang sehari-hari, memilih kotak atap dengan desain compact lebih cocok dibandingkan desain yang panjang.