Berita

    Ketahui Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus pada Mobil.

    Apakah Anda pernah menemukan lampu indikator injeksi menyala terus? Dalam kondisi seperti ini, Anda tentu ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi pada mobil tersebut hingga menyebabkan lampu dikator terus menyala. 

    Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

    Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan lampu indikator injeksi selalu menyala. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus tahu apa saja faktor yang menyebabkannya. Berikut ini beberapa faktor penyebab tersebut:

    • Ada Masalah di Bagian Pulser

    Penyebab pertama adalah adanya masalah di bagian pulser. Pulser disebut juga pick up coil merupakan komponen yang fungsinya adalah menentukan waktu pengapian dan menginformasikannya kepada CDI atau ECU ke SCR. 

    Nantinya pulser akan meminta SCR agar membuka kapasitor dan melepaskannya. Apabila pulser tidak bekerja dengan baik, maka akan menyebabkan terjadinya sendatan dan memicu lampu indikator injeksi terus menyala. 

    • Tutup Bensin Tidak Rapat

    Lampu indikator injeksi pada mobil ternyata juga bisa menyala terus jika tutup bensin kurang atau tidak rapat. Hal ini sangat sering terjadi apalagi pada pengemudi pemula atau pengemudi wanita. 

    Menyalanya lampu indikator injeksi ini tidak selalu menunjukkan ada masalah pada bagian mesin. Bisa saja terjadi kesalahan sepele yaitu tidak menutup tutup bensin dengan rapat. 

    Tutup bensin yang tidak tertutup dengan baik akan terbaca oleh sensor ECU. Hal ini terindikasi sebagai kondisi berbahaya. Jadi langsung saja cek bagian penutup bensin dan rapatkan jika belum rapat. 

    • Sensor Oksigen Rusak

    Penyebab lain lampu indikator injeksi menyala terus adalah adanya kerusakan pada sensor oksigen. Saat komponen sensor ini rusak maka kinerja mesin juga akan terganggu. 

    Umumnya hal ini disebabkan oleh sensor oksigen yang tertutupi oli sehingga kemampuannya dalam mengolah oksigen jadi terganggu. Hal seperti ini kemudian menyebabkan lampu indikator injeksi jadi terus menyala. 

    • Masalah di Filter Udara

    Anda juga perlu mewaspadai adanya masalah di filter udara saat lampu indikator injeksi terlihat menyala. Biasanya hal semacam ini menjadi indikasi bahwa filter udara sedang dalam kondisi kotor dan perlu segera diganti. 

    Filter udara memiliki hubungan erat dengan sensor mass air flow. Sensor ini punya tugas penting menentukan jenis bahan bakar yang dipakai. Apabila filter udara dalam kondisi kotor, maka suplai udara ke ruang bahan bakar akan terhambat.