Berita

    Kenali Fungsi Lampu Tembak Pada Mobil.

    Lampu sorot mobil atau lampu tembak memiliki banyak kegunaan terutama sebagai penerangan tambahan di malam hari. Selain untuk penerangan, lampu sorot juga memiliki fungsi untuk membuat tampilan mobil jadi lebih macho.

    Makanya kebanyakan juga lampu sorot digunakan untuk mobil-mobil gahar dan gagah seperti mobil offroad.

    Meskipun demikian, banyak juga lampu tembak yang diaplikasikan pada mobil MPV atau hatchback sekalipun. Tentu hal ini sah-sah saja asalkan lampu tembak tersebut digunakan sesuai keperluan dan fungsinya.

    Berikut adalah beberapa fungsi lampu sorot mobil

    1. Menerangi Ketika Berkendara di Jalan yang Gelap 

    Fungsi lampu sorot mobil pertama adalah untuk menerangi jalanan yang gelap. Tentu dengan adanya lampu, kalian bisa menyorot jalanan di depan. Sehingga meskipun gelap gulita, dengan adanya lampu tembak mobil, kalian bisa melihat jauh ke ujung jalan sekalipun.

    Saat malam hari tentu saja melewati jalan tersebut tidak cukup jika hanya mengandalkan low beam saja. Anda perlu menggunakan lampu tembak sebagai penerangan. Dengan begitu Anda bisa melihat jalan dengan lebih jelas. Lampu sorot mobil super terang, akan mengurangi risiko kecelakaan karena tidak bisa melihat jalan sangat tinggi. Jadi pastikan kondisi lampu jauh dalam kondisi normal ketika kalian tetap menginjak gas di malam yang sunyi.

    2. Menghalau kabut di jalanan

    Melewati jalan yang berkabut juga dibutuhkan lampu fog untuk memecah. Namun kadang lampu fog tidak terlalu membantu sehingga dibutuhkan sebuah lampu tembak mobil paling terang dan fokus, Lampu sorot mobil tersebut akan memberi kalian jarak pandang yang lebih. Sehingga dibutuhkan benar-benar lampu tembak mobil paling terang dan fokus agar memecah kabut sehingga jarak pandang terbuka.

    Kabut meskipun hanya udara tipis, namun ketika berpadu dengan minimnya cahaya atau kegelapan akan menciptakan rintangan tersendiri.

    Tanpa bantuan lampu sorot mobil kalian kemungkinan bisa menabrak pohon, bangunan, atau terperosok hingga yang paling buruk mencelakai hewan maupun manusia yang melintas.

    3. Menjadi Kode Saat Menyalip dan Berbelok 

    Di beberapa jalan tol maupun jalan raya, lampu tembak sering juga digunakan sebagai sinyal ke mobil di depan kita. Kilauan lampu sorot mobil bisa menjadi sinyal bagi mobil di depan. Sinyal tersebut biasanya berisi pemberitahuan jika kalian mau menyalipnya dari jalur samping. Sehingga mengurangi kegiatan polusi suara dengan tidak memencet klakson dan menggantinya dengan kode lampu sorot.